BAHAN UJI TERKINI
Arsip lama:
BANK SOAL MATEMATIKA SMA IPA PERSIAPAN UN 2013
BANK SOAL MATEMATIKA SMA IPS PERSIAPAN UN 2013
B. Teknik dan Instrumen Penilaian
Arsip lama:
BANK SOAL MATEMATIKA SMA IPA PERSIAPAN UN 2013
BANK SOAL MATEMATIKA SMA IPS PERSIAPAN UN 2013
B. Teknik dan Instrumen Penilaian
B.1 Seluruh
pendidik telah melakukan
penilaian sesuai KD dengan kondisi:
A.
Terprogram menggunakan tes
dan non tes
Teknik penilaian disesuaikan
berdasarkan panduan
kelompok mata pelajaran dengan berbagai tambahan yang membangun antara
lain
sebagai berikut:
a.
Kelompok mata pelajaran agama dan
akhlak
mulia
Penilaian
hasil belajar kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
serta
kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
dilakukan
melalui pengamatan terhadap perubahan perilaku dan sikap untuk
menilai
perkembangan afeksi dan kepribadian peserta didik, serta ujian, ulangan,
dan
atau penugasan untuk mengukur aspek kognitif peserta didik (Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 64 ayat 3);
Teknik penilaian yang dapat digunakan pendidik kelompok mata pelajaran
agama dan akhlak mulia antara lain sebagai
berikut.
1. Tes
tertulis
Tes tertulis
adalah
suatu teknik penilaian yang
menuntut
jawaban secara tertulis, baik berupa pilihan
atau isian. Tes yang jawabannya
berupa pilihan meliputi antara lain pilihan ganda, benar-salah, dan menjodohkan, sedangkan
tes yang
jawabannya berupa isian berbentuk
isian
singkat atau uraian.
2. Observasi
Observasi atau pengamatan adalah
teknik penilaian yang dilakukan dengan menggunakan indera secara langsung. Observasi dilakukan
dengan menggunakan pedoman
observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
3. Tes praktik
Tes praktik, juga
biasa
disebut tes kinerja, adalah teknik penilaian
yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan kemahirannya. Tes
praktik
dapat berupa tes identifikasi, tes simulasi dan tes kinerja.
Tes identifikasi dilakukan
untuk mengukur kemahiran mengidentifikasi sesuatu hal berdasarkan fenomena
yang ditangkap melalui alat indera, misalnya mengindentifikasi adanya kesalahan
bacaan Al-Quran (dalam Pendidikan Agama Islam) yang
diperdengarkan kepadanya. Tes
simulasi
digunakan untuk mengukur kemahiran bersimulasi memperagakan suatu tindakan, misalnya
praktik simulasi memandikan mayat.
Tes kinerja dipakai untuk mengukur kemahiran mendemonstrasikan pekerjaan yang sesungguhnya, misalnya berupa kegiatan
tes untuk mengukur kemahiran
membaca
al-Qur’an, kegiatan menghafal injil.
4.
Penugasan
Penugasan
adalah suatu teknik penilaian yang menuntut peserta
didik melakukan kegiatan tertentu
di luar kegiatan pembelajaran di kelas. Penugasan
dapat diberikan dalam bentuk individual atau kelompok. Penugasan dapat berupa
pekerjaan rumah atau proyek.
Pekerjaan rumah adalah tugas menyelesaikan soal- soal dan latihan yang dilakukan peserta didik di luar kegiatan
kelas. Proyek adalah suatu tugas yang melibatkan kegiatan
perancangan, pelaksanaan, dan
pelaporan secara tertulis
maupun
lisan dalam waktu tertentu dan
umumnya menggunakan data lapangan, misalnya
proyek
penyelenggaraan hari-hari besar keagamaan.
5.
Tes lisan
Tes
lisan dilaksanakan
melalui
komunikasi langsung antara peserta didik
dengan penguji dan jawaban diberikan secara lisan.
Tes jenis ini memerlukan
daftar pertanyaan dan pedoman
penskoran.
Di sini guru mata
pelajaran
menyediakan bank soal beserta kuncinya.
6. Penilaian portofolio
Penilaian
portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai
portofolio
peserta didik. Portofolio adalah kumpulan karya-karya peserta didik
dalam bidang tertentu
yang diorganisasikan untuk mengetahui minat, perkembangan,
prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu.
Misalnya membuat karya kaligrafi dan sebagainya.
7. Jurnal
Jurnal merupakan catatan pendidik
selama proses pembelajaran
yang berisi informasi hasil
pengamatan tentang
kekuatan dan kelemahan peserta
didik yang berkait dengan kinerja ataupun
sikap dan perilaku
peserta didik yang dipaparkan
secara deskriptif. Catatan
ini berisi
kasus-kasus kenakalan siswa, prestasi-prestasi akademik dan non akademik
yang
dikeluarkan pihak sekolah maupun luar sekolah.
8.
Penilaian diri
Penilaian diri merupakan teknik penilaian
dengan cara meminta peserta didik untuk
mengemukakan kelebihan
dan kekurangan dirinya,
penguasaan kompetensi yang ditargetkan, dan
pengamalan
ajaran agama yang
dianutnya. Misalnya
aktivitas solat lima waktu, solat tarawih, tahajjud ataupun solat dhuha
bagi
PAI, aktivitas ke gereja dengan mendapatkan pengesahan pemuka agama
setempat.
9. Penilaian
antar
teman
Penilaian antarteman
merupakan
teknik
penilaian dengan cara meminta
peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan
kekurangan, penguasaan kompetensi,
dan pengamalan ajaran agama
yang
dianut temannya. Penilaian
ini
dilakukan secara rahasia pada amplop tertutup.
Latihan web quiz menentukan ruang sampel
Tingkat SMA/MA/K:
9.
Matematika SNMPTN 2
Tingkat SMP/Mts
1. Matematika Kelas 7
2. Matematika Kelas 8
3. Matematika Kelas 9 / Gabungan
4. Matematika Mts / Gabungan
Tingkat SD
1. Matematika Kelas 4
2. Matematika Kelas 5
3. Matematika Kelas 6
4. .Matematika SD / Gabungan
Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, bila anda tertarik beritakan pada teman-teman anda, apabila kurang tertarik beritahukan kepada kami.
Tingkat SMP/Mts
1. Matematika Kelas 7
2. Matematika Kelas 8
3. Matematika Kelas 9 / Gabungan
4. Matematika Mts / Gabungan
Tingkat SD
1. Matematika Kelas 4
2. Matematika Kelas 5
3. Matematika Kelas 6
4. .Matematika SD / Gabungan
Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, bila anda tertarik beritakan pada teman-teman anda, apabila kurang tertarik beritahukan kepada kami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar